mengenal AFFILIATE MARKETING

Apa itu Affiliate Marketing ??

Pada dasarnya affiliate marketing ini adalah model bisnis penjualan berbasis komisi. Jadi ketika Anda berhasil menjual, Anda mendapatkan uang. Mirip sales “door to door” di dunia offline, Anda menawarkan suatu produk kepada orang lain dari satu pintu rumah ke pintu yang lain. Jika ada yang laku, Anda dapat komisi
atau singkatnya affiliate marketing adalah proses mempromosikan produk ( dapat berupa barang fisik/digital ataupun service ) orang lain dan tentu saja orang yg mempromosikannya tersebut mendapatkan komisi ( payout ) sebagai imbalannya.

Secara garis besar ada 4 pihak yang terlibat disini :
– Merchant / Advertiser : orang/perusahaan yang mempunyai produknya. Di dunia Affiliate Marketing ( disingkat AM ) produk ini sering dikenal dengan nama Offer.
– Affiliate / Publisher : orang/perusahaan yang mempromosikan offer tadi sesuai keinginan si advertiser tentunya kepada audience yang tepat agar hasilnya sesuai diharapkan Advertiser.
– Network / Affiliate Network : perusahaan yang menghubungkan antara Advertiser dengan Affiliate / Publisher dan memastikan offer dari Advertiser ini bisa dengan lancar dijalankan ( termasuk pembayaran ) oleh Affiliate/Publisher. Salah satu contoh network yang terkenal dan dibuka untuk umum sebut saja misalnya Peerfly, GlobalWide Media , Clickdealer, NutraCash , dll masih banyak. Ada juga Network yang tidak terbuka untuk umum yang lazim disebut Private Network.
– Customer : Target Audience yang telah menjadi “hasil / konversi “
Secara garis besar offer offer tersebut mempunyai suatu tujuan yang harus para affiliate capai agar mendapatkan komisi sesuai dengan keinginan Advertiser , biasanya Advertiser tersebut membayar komisi berdasarkan suatu aksi ( action ) maka istilah CPA itu biasanya kepanjangannya adalah Cost Per Action

Apa saja Aksi / Action itu ?

Ada banyak sekali aksi yang bisa dimainkan oleh para Affiliate untuk mendapatkan komisi dari Advertiser. Berikut adalah saya coba jelaskan satu per satu jenis aksi yang saya ingat ya ( maaf kalau ada yg terlewat ) :

1. Submit / Register
Biasanya jenis offer seperti ini konversinya adalah daftar di sebuah website atau customer mensubmit email mereka ke dalam sebuah halaman yang disiapkan oleh advertiser.
Secara garis besar terbagi menjadi 2 yaitu SOI ( Single Opt In ) yaitu customer hanya cukup satu kali saya submit email tanpa harus mengkonfirmasi email si customer kembali. Berikutnya adalah DOI ( Double Opt In ) disini konversinya mengharuskan si customer mengkonfirmasi link di dalam email mereka.
Submit disini saat ini menjadi cukup luas menjadi pengisian sebuah form juga bisa. Tentu saja besarnya payout ditentukan oleh panjang pendeknya sebuah form yang harus diisi oleh customer

2. Sales
Jelas disini mengharuskan affiliate mendapatkan sales agar mendapatkan komisi

3. Install / Download
Offer2 dengan jenis seperti ini kebanyakan ada pada mobile tentunya. Cukup jelas bahwa offer seperti ini mengharuskan customer untuk mendownload sesuatu atau menginstall sesuatu.

4. Pay Per Call
Offer jenis ini affiliate akan mendapatkan nomor khusus biasanya, jika ada customer menelp advertiser dari nomor itu maka affiliate akan mendapatkan komisi

5. Free Trial
Offer jenis seperti ini Advertiser akan membagikan sebuah produk secara gratis. Tugas affiliate adalah mencari orang yang mau mencoba produk itu. Namun untuk mencobanya biasanya customer harus memasukan nomor kartu kredit mereka, jika mereka menyukai produknya maka otomatis customer akan langsung berlangganan melalui nomor kartu kredit yang sudah mereka masukan pada saat mencoba gratis.

Jenis Offer Apa yang TERBAIK ?

Tentunya terlepas dari adanya sebuah trend dan perkembangan dunia internet yg dinamis. Pada dasarnya semua jenis offer itu baik dan bisa menghasilkan jika affiliate fokus hanya pada salah satu jenis offer. Tekuni sampai berhasil.

Pengenalan Traffic

web traffic

Singkatnya dunia AM adalah bagaimana kamu bisa menghasilkan ( bahasa kerennya monetize ) dari traffic ( bahasa mudahnya adalah “orang” ) yg masuk . Secara garis besar traffic ini dibagi 2
1. Traffic GRATIS
Apa aja sih ? Nah , kamu update status di facebook itu termasuk free traffic. Itu contoh mudahnya. Ada yang dengan membuat sebuah web agar bisa teranking di google, itu juga termasuk free traffic walau pada kenyataannya nggak free juga karena harus ada “harga” yang dibayar terutama adalah waktu untuk mengerjakannya.
2. Traffic Berbayar ( Paid Traffic )paid traffic

Nah inilah yang sering disebut2 sebagai “traffic source”. Ada banyak sekali jenis traffic yang bisa para affiliate dapatkan agar bisa di monetize guna mencapai profit dari sebuah offer tentunya. Karena banyaknya jenis traffic yg berbayar , saya akan coba membahas yang lazim ya.

POP Traffic : jenis traffic ini inventory ( jumlahnya ) buanyakkkk banget bahkan pop traffic itu sendiri pun terbagi-bagi lagi ada yang pop up , pop under wahh banyak deh. Salah satu traffic source yg menyediakan pop traffic adalah PopAds misalnya. Silahkan googling penyedia pop traffic lainnya. Karena saking banyak dan murahnya , biasanya pun pop traffic ini dipakai untuk jenis offer yg payout nya rendah juga

Search Engine Traffic : jenis traffic ini lebih berkualitas karena jelas traffic ini mengharuskan orang mengetik sebuah keyword terlebih dahulu pada sebuah search engine. Iya benar, salah satu traffic source terbesar untuk search engine adalah Adwords. namun tidak hanya Adwords tentunya masih banyak traffic source lainnya juga

Display : jenis traffic ini berasal dari banner. Adwords masih memegang inventory traffic terbesar untuk display, namun bukan berarti traffic source yang lainnya tidak ada. Silahkan googling traffic source lainnya dan kamu mungkin akan menemukan traffic source lain yang kualitasnya tidak kalah dengan Adwords bahkan terkadang placement nya bisa berbarengan dengan Adwords namun kebijakan mereka jauh lebih longgar dari Adwords

Email Traffic : mungkin teman-teman kurang familiar dengan traffic jenis ini. Ya memang ada traffic source yang menyediakan traffic dari email list. Fakta mengejutkannya email list mereka dari situs-situs yang amat sangat terkenal, kebayang kan kalo misalnya affiliate mempromosikan sebuah offer dengan cara di blast email oleh salah satu situs ternama ke subscriber email mereka. Ada ya ? Iya ada , cari aja … googling juga nemu koq 🙂

PPV : nah mungkin traffic jenis ini juga kurang familiar , singkat cerita traffic ini bisa berasal dari in-text dalam sebuah artikel , bisa dari display juga , untuk lebih jelasnya bisa berkunjung ke salah satu traffic source PPV yang terkenal seperti TrafficVance , 50ONred , Lead Impact , dll

Social Media Traffic : Ya mungkin salah satu yang paling terkenal adalah Facebook Ads . Walau masih banyak juga social media traffic lainnya.

Adult : Yup , tidak dapat dipungkiri traffic adult merupakan salah satu jenis traffic dengan inventory terbesar saat ini. Salah satu Adult Traffic Source yang terkenal adalah Exoclick , Traffic Factory , Traffic Junky , Juicy Ads , dll .

Tools apa yang dibutuhkan untuk berperang ?

Saya kira saya tidak akan membahas yang amat sangat basic seperti hosting dan domain ya , apalagi bagaimana menginstall wordpress , plugin , dll saya kira itu semua tidak penting dibahas.

Menurut saya salah satu tool yang dibutuhkan untuk berperang dalam dunia Affiliate Marketing adalah

1. Syping Tool
Tool ini berguna untuk melihat sebuah iklan apa yang paling baik ( menurut spying tool ) , paling banyak trafficnya , paling sering muncul , dll di dalam sebuah traffic source.
Anggap saja kita berbicara facebook sebagai traffic sourcenya, nah spying tool ini bisa memfilter iklan2 di facebook yang paling engage , paling sering muncul , paling terbaru , di negara mana , dengan engine apa ( wordpress , shopify , html ) dll
Jadi kita bisa mendapatkan ide dari hasil spying ini , kira2 jenis offer ini jika diiklankan melalui facebook maka bahan iklannya seperti apa ?
Saya sarankan jangan jiplak abis karena tidak ada keunikan , yang harus dicermati adalah ide iklannya. Bahkan di sebuah spying tool tertentu kita bisa melihat targeting iklan yg sedang tayang itu , demografiknya apa , dll
Setelah kita mendapatkan ide dan melihat contoh iklan yang sedang tayang , tentunya dari situ kita bisa mulai membuat landing page yang sesuai dengan offer yang akan kita jalankan.
Contoh spying tool adalah WhatRunsWhere , WhichAdWorks , BoxOfAds , dan masih banyak lagi lainnya sesuai spesialisasi traffic source nya masing-masing apa.

2. Tracking Tool
Tracking tool disini berguna agar kita mengetahui dengan jelas konversi yang dihasilkan itu oleh bahan iklan yang mana , device nya apa , negara mana , kota apa , memakai provider apa , jam berapa , dll
Untuk apa ? kan sudah ada di dashboard beriklan. Contoh misalnya jika kita beriklan memakai FB Ads , bukankah sudah cukup jelas data disana. Iya , tapi belum cukup jelas.
Salah satu tracking tool ternama dan sudah web hosted adalah Voluum ( walaupun saat ini saya sudah tidak mengunakannya karena alasan pribadi )

Nah teman-teman bisa cari tracking tool lain banyak koq misalnya CPVLab , Prosper202 , Thrive , dll
Bagaimana Penggunaan Tracking Tool secara garis besarnya ?

Contoh
Anggaplah kita membuat suatu campaign iklan dengan bahan iklan X
Dengan memakai Landing Page Y
Untuk sebuah Offer Z
Dengan hanya melihat di dashboard Fb Ads , kita hanya dapat melihat data iklan , ok lah bahan iklan X mempunyai CTR iklan sekian. Dari misalnya 10.000 reach ada yang klik 100 orang , berarti CTR nya adalah 1 %
Nah dari 100 orang yang masuk ke landing page kita , akhirnya berapa orang yang klik ke offer ? Dari yang sudah masuk ke offer berapa akhirnya yang jadi konversi ?
Dengan bantuan tracking tool kita bisa dengan jelas melihat itu semua dengan detail, sehingga dengan data yang begitu detail kita lebih dapat mengoptimasi campaign kita.
Bagian mana yang harus perlu di optimasi. Apakah bahan iklan agar CTR nya lebih besar , Targetingnya , Atau bahkan di Landing Page nya itu sendiri agar orang lebih tertarik untuk ke halaman offer , dll dll nya
Itu semua dibutuhkan data yang detail untuk melihat sebuah campaign agar bisa dioptimasi maksimal sehingga menghasilkan profit dari sebuah campaign.

source, note by: revata w

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

belajar dapat income dari internet. phone/WA: 081325677541 --yusuf--klik aja disini
error: Content is protected !!